Sukses

Paspampres Wanita Pengawal Jokowi Jalani Latihan Fisik dan Ilmu Bela Diri

Penampilan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) wanita yang mengawal Presiden Jokowi saat apel peringatan Kartini di Monas menarik perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) wanita yang mengawal Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat apel peringatan Kartini di Monas menarik perhatian.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Sabtu (28/4/2018), sejumlah wanita yang bersiap olahraga pagi ini bukanlah wanita biasa. Mereka adalah bagian dari anggota Paspampres yang bertugas mengawal kepala negara berserta keluarganya.

Dalam menjalankan tugasnya, para anggota Paspampres harus disiplin. Mulai menjalani latihan fisik hingga menguasai ilmu bela diri. Keseharian mereka pun tidak dibedakan dengan anggota Paspampres pria.

"Tantangan terberatnya, sebagai wanita kita harus tetap bisa menyeimbangkan kekuatan dengan laki-laki. Meskipun kita wanita tidak ada perbedaan, kita tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya," ujar anggota Paspampres Sertu Nancy Kadir.

Pada apel peringatan Kartini di Monas beberapa hari lalu, sejumlah Paspampres wanita ini ikut mengawal Presiden Jokowi dan mendapatkan perhatian tersendiri.

Saat ini hanya ada 80 pasukan wanita dari total 3.000 orang anggota Paspampres.

Selain bela diri, para Srikandi terpilih ini juga harus jitu dalam menembak alias menggunakan senjata api. Kebanggaan pun mereka rasakan meski harus membagi waktu untuk keluarga.