Sukses

Dulu Kumuh, Kini Kampung Markisa di Tangerang Jadi Destinasi Wisata

Sebuah kampung di Tangerang yang dulunya kumuh kini berhasil disulap menjadi penuh warna. Bahkan, permukiman itu berubah menjadi tujuan wisata baru di Kota Tangerang.

Fokus, Tangerang - Sebuah kampung di jantung kota Tangerang, Banten, yang dulunya kumuh, kini disulap menjadi penuh warna. Kampung tersebut adalah Kampung Markisa dan kini menjadi tujuan wisata baru di Kota Tangerang.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (28/4/2018), deretan rumah-rumah warna-warni tampak sangat mencolok dengan latar belakar Sungai Cisadane. Warga RW 02, Kelurahan Pasar Baru, secara swadaya mengubah wajah kampung kumuh menjadi permukiman yang asri dan bersih.

Di setiap sudut gang dan rumah-rumah, warga menanam berbagai tanaman dari pot-pot yang memanfaatkan barang bekas. Mulai dari tanaman herbal hingga buah-buahan.

Di Kampung Markisa disediakan pula ruang terbuka yang dijadikan taman hijau. Bangku-bangku dari ban bekas pun disediakan untuk warga berinteraksi.

Berkat gotong-royong warganya, kampung yang lokasinya berada tidak jauh dari Vihara Boen San Bio, berhasil menyabet penghargaan dalam lomba perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Hadirnya Kampung Markisa diapresiasi warga di luar Kota Tangerang. Bahkan, permukiman yang dulunya kumuh telah berubah menjadi destinasi wisata baru, yakni berupa kampung tematik di Kota Tangerang.