Lansia hingga Eks Napi di Jawa Timur Ikuti UNBK Kejar Paket C

Oleh Rita Ayuningtyas pada 28 Apr 2018, 07:36 WIB
Diperbarui 28 Apr 2018, 07:36 WIB

Liputan6SCTV, Jombang - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK untuk Kejar Paket C  di Jombang, Jawa Timur, diikuti sejumlah peserta usia lanjut. Sementara di Blitar, Jawa Timur, para peserta ujian sempat kesulitan mengerjakan soal UNBK, karena baru pertama kali memegang komputer.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (28/4/2018), ratusan peserta Kejar Paket C di Kota Blitar tengah mengerjakan soal UNBK. Meski kebanyakan para peserta sudah berusia si atas 40 tahun, namun mereka tetap bersemangat mengikuti ujian. 384 peserta ujian nasional Kejar Paket C ini mengikuti ujian di lima sekolah di Kota Blitar.

Tidak sedikit peserta yang gagap teknologi atau gaptek karena baru pertama kali mengoperasikan komputer. Selain kesulitan mengisi jawaban melalui komputer, peserta usia lanjut juga mengaku, layar komputer membuat mata mereka pedih dan pandangannya kabur.

Sementara dari Jombang, Jawa Timur, peserta ujian yang mengikuti Paket C tak hanya dari kalangan pelajar putus sekolah, tapi juga berasal dari berbagai profesi.

Seperti 19 peserta ujian yang berusia lanjut dan beprofesi sebagai Kepala Desa, ibu rumah tangga, hingga eks napi yang putus sekolah juga tercatat sebagai peserta UNBK untuk bisa mendapatkan ijazah setara dengan ijazah SMA.

Meski sempat terkendala jaringan internet, namun pelaksanan UNBK Kejar Paket C di Jombang berjalan lancar.