Sukses

KPK Tak Akan Banding Vonis 15 Tahun Penjara untuk Setya Novanto

Agus juga menegaskan, akan ada tindak lanjut dari perkembangan kasus Setya Novanto ataupun kasus e-KTP.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) telah menjatuhkan vonis pada mantan Ketua DPR Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek e-KTP. Setya Novanto divonis Majelis Hakim dengan 15 tahun penjara. Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum 16 tahun penjara dengan kewajiban bayar denda Rp 1 Miliar.

Atas vonis Setya Novanto tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan pihaknya tidak akan mengajukan banding. Walaupun, kata dia, kesempatan itu masih terbuka lebar.

"Kalau dari pihak KPK, mungkin tidak ada banding, tapi kemungkinan yang lain masih ada kan," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Agus juga menegaskan, akan ada tindak lanjut dari perkembangan kasus Setya Novanto ataupun kasus e-KTP. Termasuk juga dengan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang diduga dilakukan oleh Novanto.

"Pasti ada langkah berikutnya, tapi langkah berikutnya terus terang, karena vonisnya belum lama, kita belum dapatkan itu, mungkin minggu depan kita teman-teman penyidik, dan penuntut eksekusi," ungkap Agus.

"Perkembangan penyidikan perkembangan penuntutan itu akan dipaparkan di depan kita kemudian kita diberikan beberapa alternatif, nanti pimpinan yang tentukan," tandas dia.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.