Sukses

Sunarto Terpilih Sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial

Dalam pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial, Sunarto memperoleh 24 suara dan Andi Samsan Nganro sebanyak 21 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Hakim agung Sunarto terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Nonyudisial. Dia mengalahkan hakim Andi Samsan Nganro dalam putaran kedua pemilihan yang berlangsung di lantai 14 Gedung MA, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Berdasarkan rekapitulasi suara, yang memperoleh suara terbanyak adalah Yang Mulia Dr Haji Sunarto dengan jumlah suara 24 sehingga ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial terpilih," kata Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Kamis (26/4/2018).

Sunarto dan Andi Samsan Nganro merupakan dua calon yang memperoleh suara terbanyak pada pemilihan putaran pertama. Sunarto memperoleh 13 suara dan Andi Samsan Nganro memperoleh 9 suara.

Sesuai tata tertib Pasal 14 ayat 3, kandidat yang mendapatkan 50 persen suara ditambah 1 suara sah, maka akan langsung ditetapkan sebagai Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial terpilih. Namun jika berdasarkan hasil pemilihan tidak memenuhi 50 persen ditambah 1 suara yang sah, diselenggarakan pemungutan suara putaran kedua yang diikuti dua kandidat dengan suara terbanyak.

Dalam putaran kedua, Sunarto memperoleh 24 suara dan Andi Samsan Nganro sebanyak 21 suara. Total suara sebanyak 46 dan satu suara dinyatakan tidak sah.

Hakim Agung Artidjo Alkostar yang menjadi salah satu saksi dalam pemungutan suara itu menyatakan suara tidak sah karena surat suara diberi tanda silang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan untuk Sunarto

Hatta Ali meminta kepada Sunarto agar bekerja dengan penuh keikhlasan dan bekerja secara cerdas dalam mendukung dan melaksanakan program MA khususnya dalam mewujudkan peradilan yang agung.

Ia juga meminta Sunarto melaksanakan janjinya yang telah ia sampaikan dalam sambutan setelah terpilih menjadi Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial.

"Kami seluruh pimpinan dan warga MA menuntut janji-janji yang telah disampaikan dan saya ucapkan selamat," kata Hatta.

Setelah menyandang tugas baru, waktu Sunarto akan lebih banyak dihabiskan di kantor. Hatta pun meminta permakluman kepada istri Sunarto yang hadir di tempat.

"Karena kami pimpinan kadang kala lebih banyak pulang setelah semua hakim agung dan karyawan pulang. Biasanya pulang setelah Isya," ujarnya.

Setelah pemilihan, pihaknya akan menyampaikan dan mengusulkan hasil pemilihan tersebut kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian diterbitkan surat keputusan pengangkatan Wakil Ketua MA RI Bidang Non Yudisial.

"Dengan berakhirnya pemilihan Wakil Ketua MA RI Bidang Nonyudisial, maka perbedaan menentukan pilihan yang ada sebelum dan saat berlangsungnya pemilihan ini semuanya harus berakhir. Yang ada sekarang ini tekad kita bersama mewujudkan lembaga Mahkamah Agung sebagai lembaga yang dapat kepercayaan penuh masyarakat dalam mencari keadilan," kata Hatta Ali.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.