Sukses

Dishub Operasikan Trans Kota Tangerang Koridor 2 pada April Ini

Kepala Dishub Kota Tangerang Saeful Rohman mengatakan, BRT Trans Kota Tangerang koridor 2 dengan rute Perumnas-Poris Plawad.

Liputan6.com, Tangerang - Sukses dengan koridor 1, Pemerintah Kota Tangerang akan meluncurkan koridor 2 Bus Rapid Transport (BRT) jurusan Perumnas-Poris Plawad.

Kepala Dishub Kota Tangerang Saeful Rohman mengatakan, BRT Trans Kota Tangerang koridor 2 dengan rute Perumnas-Poris Plawad. BRT koridor 2 ini ditargetkan beroperasi pada April ini.

"Jumlah armada yang kami persiapkan ada 10 dengan jumlah haltenya kurang lebih ada 20. Armadanya," kata dia, Kamis (26/4/2018).

Ia berharap kehadiran BRT masyarakat beralih dari kendaraan pribadi menjadi pengguna angkutan umum massal. Sebab BRT selain aman, juga murah karena tiketnya hanya Rp 2.000.

"Oleh karenanya koridor 2 ini langsung menyasar permukiman sehingga keluar rumah bisa menuju lokasi yang diinginkan,ke mall, sekolah dan kampus sebab rutenya melalui lokasi-lokasi strategis di Kota Tangerang," paparnya.

Saeful menerangkan, kehadiran BRT koridor 2 dikarenakan antusiasme masyarakat terhadap transportasi massal. Hal ini terbukti dengan jumlah penumpang di koridor 1 setiap bulannya mengalami peningkatan.

Berdasarkan data penumpang BRT Koridor 1 Januari sebanyak 3.117 penumpang. Februari sebanyak 4.078 penumpang. Maret sebanyak 13.101 penumpang. Terbaru di Nopember sebanyak 38.301 penumpang dan Desember sebanyak 28.584 penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beralih ke Angkutan Massal

"Melalui BRT kami mendorong masyarakat beralih ke angkutan massal,dalam rangka mengurangi kemacetan dengan merubah pola transportasi masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan massal," ujar Saeful.

Kehadiran BRT semakin memudahkan masyarakat menuju ke berbagai tujuan sebab terintegrasi dengan angkutan massal lainnya dalam Transit Oriented Develoment (TOD) di Terminal Poris Plawad.

Dalam TOD sebanyak 7 moda transportasi akan tersedia diantaranya KRL, kereta bandara, Trans Jakarta, bus luar kota, persiapan LRT Tangsel-Tangerang dan kereta luar kota.

"Rencananya mulai dibangun tahun ini,TOD di Kota Tangerang semakin memudahkan mobilisasi masyarakat menuju tempat yang diinginkan," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.