Suka Duka Hari Tua di Rusun Lansia Cibubur

Oleh Maria Flora pada 25 Apr 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2018, 21:00 WIB

Fokus, Jakarta - Rusun di kawasan Cibubur, Jakarta Timur ini dapat menjadi pilihan bagi kaum lanjut usia untuk menikmati hari tua bersama. Pasalnya, di rusun tersebut mereka dapat bergaul dengan sesama lansia dengan konsep gedung yang aman dan nyaman.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (25/4/2018), mereka melakukan berbagai aktivitas di dalam rusun. Di antaranya bermain scrabble, menonton televisi hingga memelihara tanaman di kebun.

Salah satunya Oma Soeparti Sotedjo. Wanita berusia 93 tahun ini mengaku betah karena memiliki teman dan dibebaskan untuk menyalurkan hobi seperti memasak dan merawat.

Karena dikhususkan untuk lansia, fasilitas di Rusun Cibubur disesuaikan dengan kebutuhan para penghuninya, seperti hand rail di setiap koridor hingga ramp atau jalur landai untuk kursi roda. Fasilitas untuk lansia juga disiapkan di dalam kamar yang dihuni.

Untuk tinggal di rusun ini, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, yakni keinginan sendiri, sehat atau tidak menderita penyakit menular dan pikun, mandiri, dan ada keluarga yang bertanggungjawab.

Para lansia juga diwajibkan membayar biaya sewa sebesar Rp 3.5 juta per bulan untuk makan, kudapan, hingga biaya dokter.