DPR: Pemerintah Belum Siap Selenggarakan UNBK

Oleh Maria Flora pada 24 Apr 2018, 20:15 WIB
Diperbarui 24 Apr 2018, 20:15 WIB

Fokus, Jakarta - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Jakarta, pada hari kedua, berjalan relatif lancar. Di SMP Negeri 231 Tugu, Jakarta Utara, ujian diselenggarakan serempak di tiga kelas.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Selasa (24/4/2018), waktu ujian tepat dilaksanakan pukul 07.30 WIB. Kendala server yang sempat terjadi di hari pertama, tak lagi muncul.

Meski demikian, peserta harus berhadapan dengan soal matematika jenis high order thinking skill atau HOTS, yang membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama dari soal biasanya.

Berbeda dengan di Jakarta, di Bogor, Jawa Barat, sebanyak 274 siswa SMP Negeri 10 terpaksa menumpang mengerjakan soal UNBK di ruang laboratorium milik SMA Negeri 3 Kota Bogor. Hal ini dilakukan karena pihak sekolah belum memiliki ruang laboratorium sendiri.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian berpendapat, pemerintah belum siap melaksanakan penyelenggaraan UNBK.

Hal ini berdasarkan banyaknya kendala yang terjadi di hari pertama ujian. DPR berharap, pemerintah dapat mengantisipasi kendala yang terjadi agar tidak terulang di sisa hari penyelenggaraan ujian.