Sukses

UNBK SMP Hari Kedua di Jakarta Berjalan Lancar

Pelaksanaan UNBK tingkat SMP hari kedua di DKI Jakarta berlangsung lancar. Tidak ada kendala teknis, tapi siswa keluhkan soal baru yang kembali muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Jakarta, pada hari kedua relatif lancar. Tidak ada lagi kendala server yang mengganggu pelaksanaan UNBK, seperti hari pertama kemarin.

Meski demikian, sejumlah kendala teknis masih ditemukan di lapangan. Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Selasa (24/4/2018), siswi SMP Negeri 11 Jakarta bernama Dea harus mengerjakan soal ujian lebih lama, karena sempat keluar dari sistem.

Selain itu, soal matematika yang diujikan dinilai sulit oleh siswa. Soal hots (high order thinking skill) atau soal yang menguji kemampuan analisis siswa kembali muncul.

Meski banyak dikeluhkan, namun Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta menegaskan soal hots akan terus diberikan pada siswa.

"Memang dengan menggunakan telaah yang lebih dalam, dan mestinya porsinya ya porsi SMP untuk SMP, kalau SMA ya SMA. Ini hanya soal pembiasaan saja, yang kemudian menjadi sesuatu yang dianggap baru. Ini yang perlu kita internalisasi dan dikenalkan agar mereka familiar dengan soal-soal pendekatan hots ini," ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto.

Siswa SMP sederajat akan kembali mengikuti UNBK di hari ketiga esok hari. Dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu bahasa inggris.

Â