Sukses

Pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman Resmi Dimulai

Bandara Jenderal Besar Soedirman diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Purbalingga akan layanan transportasi udara yang memadai.

Fokus, Purbalingga - Pengembangan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, resmi dimulai. Bandara ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Purbalingga akan layanan transportasi udara yang memadai.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Selasa (24/4/2018), inilah Bandara Jenderal Besar Soedirman yang sebelumnya bernama Lanud Wirasaba di Kabupaten Purbalingga, yang dikunjungi Presiden Jokowi, Senin 23 April 2018 kemarin. Bandara ini akan dikembangkan untuk layanan transportasi udara bagi masyarakat di Jawa Tengah bagian selatan dan barat.

Bandara Jenderal Besar Soedirman memiliki luas keseluruhan sebesar 115 hektare. Pada tahap pertama, pengembangan akan dilengkapi runway sepanjang 1.600 meter. Saat ini panjang runway baru 850 meter berupa rumput. Pada tahap kedua, panjang runway akan ditambah menjadi 2.500 meter.

Diharapkan bandara ini nantinya dapat melayani 300.000 penumpang setiap tahunnya dan akan selesai dibangun pada tahun 2019.

"Kita harapkan nantinya bandara ini bisa memberikan manfaat ke-9 kabupaten lainnya. Kita juga mengharapkan nantinya akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Purbalingga dan sekitarnya," ujar Presiden Jokowi.

Bandara ini nantinya diharapkan dapat melayani layanan transportasi udara bagi masyarakat yang berada di wilayah Banjarnegara, Kebumen, Pemalang, Brebes, Tegal, dan Wonosobo.