Sukses

Tari Gambang Semarang Dilakukan Secara Kolosal, Seperti Apa?

Ribuan siswa SMA Negeri 02 Semarang melakukan Tari Gambang Semarang secara kolosal.

Fokus, Semarang - Ribuan siswa SMA Negeri 02 Semarang melakukan Tari Gambang Semarang secara kolosal. Acara tersebut dilaksanakan di halaman sekolah pada hari Senin 23 April 2018. Tarian kolosal tersebut melibatkan seluruh siswa kelas X dan XI.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (24/4/2018), Tari Gambang Semarang biasanya hanya dilakukan oleh beberapa orang. Namun kali ini dimainkan dalam bentuk kolosal, melibatkan ribuan siswa SMAN 02.

Meski persiapannya minim, para siswa lihai dalam melakukan tarian tersebut. Terlihat beberapa siswa menari dengan lemah gemulai dan tidak terlihat canggung.

Selain untuk keakraban siswa, kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan tarian tradisional asli Semarang.

Pihak sekolah berharap, anak didiknya bisa melestarikan tradisi asli Semarang yang sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu. Sementara sejumlah siswi mengaku senang bisa bermain seni tradisi yang sudah mulai pudar.

"Anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini dan mereka sangat antusias juga dalam mempelajari kesenian tradisional khususnya Jawa," kata guru seni tari SMAN 02 Semarang Puji Lestari.

"Semoga ke depannya makin baik lagi. Tariannya jangan cuma Tari Semarangan kalau bisa dikembangkan ke tari-tari yang lain," ujar siswa kelas X Mipa 8 SMAN 02 Semarang Filumina Florentin Padma.

Gambang Semarangan adalah kesenian yang menampilkan unsur musik, vokal, tari, dan lawak yang tumbuh dari kalangan rakyat bawah. Menurut sejumlah sumber, kesenian ini juga merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan China.