Warga Binaan LPAK Rutan Yogyakarta Ikut UNBK

Oleh Liputan6.com pada 23 Apr 2018, 21:03 WIB
Diperbarui 23 Apr 2018, 21:03 WIB
UNBK
Perbesar
UNBK sesi kedua di SMPN 1 Kepanjen. Sesi pertama sedikit molor karena kendala sinkronisasi server. (Tika Hapsari/JawaPos.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Tiga warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPAK) Rumah Tahanan Klas II B Yogyakarta di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

"Ada tiga orang warga binaan yang mengikuti Ujian hari ini, pagi tadi satu, yang dua siangnya. Hal ini karena mereka berasal dari sekolah yang berbeda," kata Kepala Subsesi Pendidikan dan Bimkesmas LPKA Rutan Klas II B Wonosari, Setiyawan Nugroho Endiyanto di Gunung Kidul, Senin (23/4/2018), yang dilansir dari Antara.

Masing-masing warga binaan berasal dari Bantul, Kulon Progo dan Sleman yang mengerjakan ujian tingkat SMP/MTS.

"Meski ujian berbasis komputer, namun ini diberlakukan khusus. Kami harapkan anak ini dapat mengikuti ujian dengan baik," tambah Setiyawan.

Pihak lapas mengaku sudah memberikan persiapan khusus bagi ketiga warga binaan dengan cara menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) untuk melakukan bimbingan belajar. Hal itu diharapkan mampu mendongkrak semangat belajar siswa saat menghadapi UNBK.

"Setiap Senin dan Kamis dilakukan pendampingan belajar dari Disdikpora dan LPAK. Agar nantinya keluar dari LPKA bisa melanjutkan jenjang lebih tinggi ataupun menyelesaikan wajib belajar," ujar Kepala Subsesi Pendidikan dan Bimkesmas LPKA  Setiyawan.