Sukses

Dokter RS Premier Jatinegara: Resume Medis Pasien Bersifat Rahasia

Sesuai etik resume medis tidak boleh diberikan pada siapapun selain pihak keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Glen S Dunda, spesialis jantung RS Jatinegara dihadirkan di persidangan dengan terdakwa Bimanesh Sutarjo. Bimanesh menjadi terdakwa perintangan penyidikan korupsi e-KTP.

Kepada Dokter Glen, jaksa bertanya soal kerahasiaan resume medis seorang pasien. Glen menegaskan, sesuai etik resume medis tidak boleh diberikan pada siapapun selain pihak keluarga.

"Tidak boleh kecuali atas permintaan pasien dan keluarga," ujar Glen di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (23/4).

Dia juga menegaskan, resume medis pasien juga tidak bisa sembarang dilihat oleh siapapun termasuk dokter. Terlebih lagi dokter tersebut tidak mendapat rujukan dari tempat awal perawatan medis pasien.

Sekalipun bisa, imbuh Glen, harus ada keterangan tertulis atau rujukan dokter tersebut bahwa yang bersangkutan berhak melihat dan memeriksa resume medis pasien.

"Teknisnya bagaimana jika dokter lain melihat resume medis pasien?" tanya jaksa.

"Harus ada keterangan tertulis. Kalau tidak, tidak bisa," jawab Glen.

Sementara itu pada persidangan sebelumnya, Fredrich disebut Bimanesh sempat membawa resume medis Novanto. Dokumen tersebut ia berikan sesaat setelah Novanto rawat inap di Rumah Sakit Medika Permata Hijau (RSMPH) usai alami kecelakaan yang diduga direkayasa.

Padahal saat itu, tidak ada rujukan dari RS Premier Jatinegara ke RSMPH atas pasien bernama Setya Novanto. Mantan Ketua DPR itu dinyatakan dalam kondisi baik pasca mendapat perawatan medis di rumah sakit Premier selama hampir 2 minggu lebih.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.