Sukses

Gangguan Server, UNBK di SMPN Manado Molor 2,5 Jam

Ketika ujian UNBK sesi pertama dimulai, ada tiga ruangan terganggu. Pihak sekolah langsung menghubungi help desk Dinas Pendidikan untuk perbaikan.

Liputan6.com, Manado - Pelaksanaan Ujian Nasional (UNBK) di dua SMP Negeri di Manado, pada hari pertama sempat terkendala gangguan internet di server pusat. Hal ini membuat waktu ujuan bergeser.

"Ujian sesi pertama yang seharusnya dimulai pukul 07.30 Wita, terpaksa dimulai pukul 10.00 Wita karena adanya gangguan server dari pusat," kata Kepala SMP Negeri II Manado, Steven Tumiwa, seperti dilansir dari Antara, Senin (23/4/2018). 

Ketika ujian sesi pertama baru dimulai, ada tiga ruangan yang terganggu. Pihak sekolah langsung menghubungi help desk Dinas Pendidikan untuk melakukan perbaikan.

Sampai pukul 10.00 Wita, kata Tumiwa, baru satu ruangan yang bisa mulai mengerjakan soal. Sedangkan sisanya harus menunggu karena masih alami gangguan.

Jumlah peserta UNBK di SMP Negeri II Manado sebanyak 350 siswa. Dimana siswa reguler sebanyak 317 dan dari SMP terbuka berjumlah 33 orang.

"Karena server terganggu, maka waktu ujian jadi bergeser dan tambah panjang sampai petang. Sebab ada tiga sesi, sehingga harus antre menunggu giliran yang satu selesai dan bergantian sampai selesai," tutur Steven Tumiwa.

Demikian juga Plh Kepala SMP Negeri VI Manado, Suzana Thomas, yang mengaku sempat ada gangguan jaringan di tempat pelaksanaan UNBK, di SMK Negeri II Manado.

"Siswa tidak terlalu lama menunggu dan jaringan bisa diperbaiki, sehingga ujian bisa disambung kembali pelaksanaannya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini