Sukses

Selebritas di Panggung Politik

Sejumlah selebritas bergabung ke partai politik untuk maju sebagai calon legislatif.

Liputan6.com, Jakarta - Selebritas berpolitik bukan hal baru di Indonesia. Mulai dari penyanyi hingga pemain sinetron, banyak yang bergabung dengan partai politik.

Bahkan, beberapa di antaranya ikut Pemilu Legislatif (Pileg) dan berhasil duduk di kursi DPR. Pada Pileg 2014, tercatat 15 artis yang terpilih sebagai anggota DPR.

Sementara itu, menjelang Pileg 2019, sejumlah nama artis yang terjun ke politik kembali bermunculan. Salah satunya, vokali grup band Nidji Giring Ganesha.

Giring bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dia pun berambisi bisa duduk di Komisi X DPR yang masih berhubungan dengan industri kreatif.

Selain Giring, ada beberapa selebritas yang juga menjadi pendatang baru di politik. Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Memilih PSI

Terkait alasannya memilih berkiprah di Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring mengatakan, maju dari partai debutan seperti PSI merupakan bentuk ketulusan. Giring berpendapat, PSI sebagai partai yang jauh dari kata 'memperkaya diri'.

"PSI saya melihat mereka ini kaum muda yang tulus ingin membangun Indonesia. Tidak satu kali pun saya berbicara tentang masalah memperkaya diri, soal uang. Karena itu saya memilih bergabung dengan PSI," ungkap Giring.

Ia berharap generasi penerus bangsa ke depan bisa tumbuh berkembang jauh dari budaya korupsi, dan bisa menghargai keragaman di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Vicky Shu Memilih Demokrat

Nama Vicky Shu turut meramaikan jajaran artis yang terjun ke dunia politik. Penyanyi kelahiran Cilacap, 8 Juli 1987 itu mengikuti proses verifikasi faktual KPU bersama Partai Demokrat.

Vicky Shu mengaku sejak lama dirinya memang sudah tertarik dengan dunia politik. Apalagi, ia pernah menempuh pendidikan politik di bangku kuliah.

"Iya insya allah (terjun politik). Karena kan dulu kuliahnya di politik. Kemarin sedikit membelok dulu sebagai seorang seniman. Cuma orangtua merasa sudah kuliah politik tinggi-tinggi, jadi diminta balik lagi," kata Vicky Shu di Jakarta 28 Januari 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.