Sukses

Antisipasi Banjir, Pemkab Tangerang Normalisasi Sungai Cisadane

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menormalisasi anak Sungai Cisadane di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda kawasan tersebut.

Liputan6.com, Tangerang - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menormalisasi anak Sungai Cisadane di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda kawasan tersebut.

"Petugas mengunakan alat berat mengeruk timbunan lumpur menghalangi aliran air," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Tangerang, Slamet Budi di Tangerang, Jumat (20/4/2018).

Slamet mengatakan pengerukan lumpur dan material lainnya sepanjang 500 meter itu dilakukan karena belakangan ini, sungai tersebut mulai dangkal.

Dia mengatakan upaya tersebut untuk menanggapi keluhan warga bila musim hujan sering dilanda banjir karena air Sungai Cisadane meluap mengenangi perkampungan penduduk.

Menurut dia, Desa Kohod merupakan langganan banjir karena selain di daerah itu lokasinya sebagian rendah, tapi juga akibat sungai telah dangkal.

Penyebab sungai dangkal karena timbunan lumpur dan sampah sehingga alur air tidak lancar menuju muara hingga ke perairan Laut Jawa.

Antara melansir, di musim hujan, ketinggian air mencapai 60 cm hingga 70 cm pada lokasi tertentu di Desa Kohod.

Demikian pula ketika air laut pasang, maka air bertambah tinggi memasuki rumah penduduk, karena Sungai Cisadane tidak mampu menampung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Buang Sampah Sembarangan

Pihaknya meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) untuk melakukan normalisasi terhadap sungai yang lebih besar sesuai kewenangan.

Dia menambahkan normalisasi anak sungai merupakan aspirasi warga setempat telah diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Setelah itu aspirasi disampaikan ke intansi terkait dan disepakati pada Musrenbang tingkat Kabupaten Tangerang.

Ia juga mengharapkan warga tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.