Sukses

KY Optimistis Pansel Hakim MK Munculkan Kandidat Berintegritas

Komisi Yudisial (KY) menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah membentuk panitia seleksi (pansel) hakim konstitusi untuk memunculkan kandidat berintegritas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah membentuk panitia seleksi (pansel) hakim konstitusi untuk memunculkan kandidat berintegritas.

"Mekanisme pemilihan calon hakim konstitusi melalui pansel dapat menjamin kemunculan kandidat berintegritas," kata Juru Bicara KY Farid Wajdi melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Pansel hakim konstitusi dibentuk untuk menggantikan posisi hakim konstitusi Maria Farida Indrati yang masa jabatannya segera berakhir.

Dia mengatakan langkah pemerintah membentuk pansel hakim konstitusi merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam melaksanakan perintah konstitusi.

"Perintah konstitusi menginginkan proses seleksi hakim MK dilakukan secara transparan, akuntabel, dan partisipatif," ujar Farid seperti dilansir Antara.

KY, lanjut dia, optimistis dengan seleksi hakim MK tersebut, setelah mencermati latar belakang lima orang yang ditunjuk menjadi pansel hakim konstitusi. Anggota pansel itu terdiri dari mantan hakim MK, komisioner KY, akademisi, dan praktisi.

"Lima orang tersebut adalah orang-orang berpengalaman dan berintegritas, maka terlihat bahwa pemerintah mendudukkan fungsi lembaga MK sebagai pengawal konstitusi," kata Farid.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

KY melalui Farid juga berharap pansel ini dapat menemukan sosok hakim MK yang tidak hanya pintar, namun juga merupakan seorang negarawan sejati.

"Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah sekali lagi memiliki integritas yang baik," pungkas Farid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.