Sukses

Hidup 6 Tahun Bersama Warga, 2 Hewan Dilindungi Dilepas ke Hutan

Jono dan Buddy akan menjalani karantina di Care Center and Quarantine (OCCQ) di kawasan Pasir Panjang, Kota Waringin Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta terlihat akrab dengan seekor beruang madu yang sudah dirawat selama enam tahun. Beruang bernama Buddy ini akan segera dilepas liarkan bersama orang utan bernama Jono berusia 20 tahun yang sebelumnya hidup dengan masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (20/4/2018), Jono dan Buddy akan menjalani karantina di Care Center and Quarantine (OCCQ) di kawasan Pasir Panjang, Kota Waringin Barat, Kalimantan barat, hingga dilepaskan ke habitat asalnya di Taman Nasional Tanjung Puting.

"Orang Utan adalah merupakan ciptaan Tuhan yang membantu manusia untuk melestarikan hutan, itu yang banyak tidak diketahui orang banyak," kata Dirjen KSDA Kementerian LHK Wiratno.

Diperkirakan jumlah orang utan di Kalimantan hanya tersisa 57 ribu, sementara di Sumatera 14 ribu, dan menurut data terbaru hanya ada 800 orang utan Tapanuli.