Sukses

BNPP Genjot Pembangunan di Perbatasan Merauke

Pencanangan gerakan pembangunan terpadu perbatasan atau gerbangdutas oleh BNPP diharapkan bisa segera dirasakan masyarakat di Merauke.

Fokus, Papua - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, mencanangkan program Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu, 18 April 2018.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (20/4/2018), pemnbangunan di Merauke selama ini dinilai tertinggal jauh. Ke depannya, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berharap Gerbangdutas ini bisa segera dirasakan masyarakat setempat.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo meninjau kesiapan staf Kabupaten Merauke dalam melakukan perekaman e-KTP agar tidak lebih dari satu jam.

Mendagri dan Menkopolhukam juga menandatangani 11 prasasti sebagai simbol pembangunan infrastruktur baru di Merauke, Papua. Seperti klinik, sekolah hingga bandara udara. 

"Ada serangan narkoba, ada human trafficiking, radikalisme, ilegal fishing, ilegal loging, semua itu ancaman-ancaman dari perbatasan. Jadi kalau perbatasan kita lemah, longgar, ancaman dengan mudah masuk," terang Wiranto.

Program ini merupakan program kelima BNPP. Sebelumnya hal yang sama juga dilakukan di Natuna, Kepulauan Riau, Saumlaki di Perbatasan Maluku, Alor, perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT), dan perbatasan Kalimantan Utara.