Sukses

Gerindra Isyaratkan Partai Hijau Bakal Merapat ke Prabowo

Gerindra juga yakin parpol lain pendukung akan meninggalkan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Peta koalisi partai politik di Pilpres 2019 masih dinamis. Tiga partai politik belum menyatakan sikap, yakni Demokrat, PAN, dan PKB.

PKB merupakan satu-satunya partai "hijau" yang belum memutuskan dukungan kepada Jokowi. Suara dukungan sampai kini baru keluar dari ketua umum Muhaimin Iskandar dan secara kelembagaan belum resmi dideklarasikan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengisyaratkan akan adanya partai hijau yang bakal merapat ke Prabowo Subianto. Dia juga yakin parpol lain pendukung akan meninggalkan Jokowi mengingat elektabilitasnya yang menurun dari hasil lembaga survei.

"Ada nanti, itu rahasialah (partai hijau). Saya rasa nanti dengan tingkat elektabilitas Pak Jokowi yang turun terus, ada faktor yang mungkin jadi pertimbangan partai-partai yang sebelumnya terang-terangan dukung Pak Jokowi mulai lari satu per satu," kata Ferry saat ditemui di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4).

"Kalau misalkan 36 persen menurut (lembaga survei) Median makin turun terus 30 persen. Saya rasa sih enggak usah disuruh semua langsung ninggalin Pak Jokowi," tambah dia.

Ferry juga mengungkapkan ketua umum dari partai hijau tersebut beberapa kali bertemu Prabowo Subianto. "Iyalah, udah beberapa kali," beber Ferry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Diyakini Dukung Prabowo

Mantan aktivis ini juga yakin PAN bakal mendukung Prabowo walau sinyalnya masih bimbang. PKS pun hampir pasti berkoalisi.

"Tapi kalo koalisi Gerindra, PKS, PAN sudah mantep. Tinggal ada tambahan partai hijau yang akan bergabung," ucap Ferry.

"Yang terpenting pertama, kita tetep dengan Gerindra PKS dan PAN , tapi tetep membuka diri untuk partai partai lain ikut bergabung dalam barisan. Makin mantep barisan kita ini," pungkas Ferry.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.