Sukses

Gempa 4,4 SR di Banjarnegara, 2 Warga Meninggal Dunia

Gempa 4,4 SR mengguncang Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Akibat gempa, dua orang warga meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Fokus, Banjarnegara - Gempa berkekuatan 4,4 skala richter, Rabu siang, 18 April 2018, mengguncang Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Kamis (19/4/2018), wilayah terdampak gempa Banjarnegara meliputi sedikitnya tiga desa di Kecamatan Kalibening, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan. Gempa tektonik tersebut mengakibatkan kerusakan ratusan bangunan, seperti rumah-rumah warga, tempat ibadah dan sekolah.

Sebuah masjid di Desa Kasinoman, Kecamatan Kalibening misalnya, mengalami kerusakan parah akibat diguncang gempa, bahkan menjadi rata dengan tanah. Beruntung saat gempa yang terjadi sekitar pukul 14.00 itu tidak ada aktivitas di dalam masjid. Gempa yang berlangsung selama sekitar tiga menit ini tak urung mengejutkan warga yang kebanyakan tengah bekerja di sawah dan ladang.

Akibat gempa, dua orang warga meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan bangunan. Seorang di antaranya bocah berusia 13 tahun. Keduanya langsung dimakamkan pihak keluarga. Sedangkan ratusan warga lainnya mengalami luka-luka dan mendapat perawatan medis di Puskesmas Kalibening, Banjarnegara.

Hingga Rabu malam, warga belum berani memasuki rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menunjukkan 125 rumah warga rusak akibat gempa.