Sukses

Kunjungi Ukraina, Delegasi DPD RI Bertukar Pengalaman Kelola Anggaran

Dalam pertemuan yang difasilitasi KBRI Kyiv itu, delegasi DPD langsung diterima Wakil Ketua Komisi Anggaran, Vasil Amelchenko.

Liputan6.com, Kyiv - Delegasi Komite IV Dewan Perwakilan Daerah RI mengadakan pertemuan dengan Komisi Anggaran Verkhovna Rada (Parlemen) Ukraina. Pertemuan yang berlangsung pada Senin 16 April 2018 itu dipimpin ketua Komite IV Ajiep Padindang.

Dalam pertemuan yang difasilitasi KBRI Kyiv itu, delegasi DPD langsung diterima Wakil Ketua Komisi Anggaran, Vasil Amelchenko.

"Di pertemuan ini kedua pihak bertukar pandangan dan pengalaman mengenai pengelolaan anggaran, terutama mengenai pengelolaan utang dan piutang negara," kata Ajiep dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Hal ini terkait dengan dengan misi Komite IV DPD RI yang saat ini sedang menyusun RUU Pengelolaan Piutang Negara.

Sementara itu, Vasil mengungkapkan bahwa Ukraina tidak memiliki undang-undang khusus mengenai piutang negara. Namun begitu terdapat mekanisme pengaturan khusus tentang pengelolaan piutang.

Disampaikan, bahwa sejumlah besar Piutang negara di Ukraina bersumber dari pinjaman institusi asing, seperti Bank Dunia.

Pinjaman institusi asing itu kemudian disalurkan oleh pemerintah. Pemberian piutang dikelola Bank Sentral Ukraina.

"Piutang biasanya diberikan untuk pembangunan infrastruktur, pembangunan desa, leasing pertanian, serta pembangunan jalan," ujar Vasil Amelchenko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Baru Ukraina

Selain itu, pemerintah pusat Ukraina juga memberikan bantuan kepada pemerintah daerah untuk proyek-proyek pembangunan. Mulai 2018, Ukraina menerapkan sistem baru di mana sisa anggaran untuk proyek tersebut tidak dikembalikan kepada pusat.

"Akan tetapi dapat digunakan pada tahun anggaran berikutnya untuk tujuan yang sama," imbuh dia.

Pertemuan itu ditutup dengan saling menyampaikan penghargaan. Seluruh delegasi DPD RI menghargai diskusi ini dan mengundang parlemen Ukraina berkunjung ke Indonesia.

Delegasi DPD RI sebelumnya mengadakan ramah tamah dengan Duta Besar RI untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi di kediaman Wisma Duta. Ramah tamah tersebut dihadiri jajaran KBRI Kyiv.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.