Sukses

BPTJ Usul Jam Operasional Ganjil-Genap di Jalan Sudirman Dimajukan

Agar kemacetan semakin berkurang terutama di pagi hari, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), mengusulkan ganjil genap diberlakukan lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta - Pemberlakuan sistem ganjil genap dinilai mampu mengurai kemacetan di jalanan Jakarta. Agar kemacetan semakin berkurang terutama di pagi hari, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), mengusulkan jam operasional ganjil-genap diberlakukan lebih awal.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (18/04/2018), Sistem pengaturan lalu lintas di ruas Tol Jabodetabek dengan pembatasan plat nomor ganjil-genap berjalan baik. Meski dinilai berhasil, penumpukan kendaraan di daerah Cawang, Jakarta Timur masih terjadi. Untuk itu, BPTJ mengusulkan jam operasional sistem ganjil-genap di kawasan Jalan Sudirman dimajukan. 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mendukung jam operasional dimajukan, asal kebijakan dikaji terlebih dahulu.

"Akan kita dukung, tapi kita ingin ada kajian dan koordinasinya, dan kita harapkan ini juga akan mengurangi kemacetan di Jakarta, khususnya dalam menghadapi Asian Games 2018," ujar Sandiaga Uno.

Upaya keras yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan akan sukses, jika didukung oleh warga yang beralih menggunakan transportasi umum yang telah disiapkan.