Sukses

Dorong AHY Jadi Pemimpin, Demokrat Otak-atik Strategi

Ada beberapa skenario yang bisa dipilih Demokrat di Pilpres 2019 untuk menyorongkan AHY di kancah politik nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Wakil Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Agus Hermanto, partainya akan menjadikan pemilu 2019 sebagai batu loncatan. Tujuan utamanya adalah mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pemimpin masa depan.

"Yang jelas kita punya strategi, punya hal-hal yang perlu dilaksanakan, sehingga strateginya berbeda, Partai Demokrat ingin AHY," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya, dengan target itu, ada beberapa kemungkinan yang dilakukan Demokrat di Pilpres 2019. Agus mengatakan Demokrat bisa saja kembali menginisiasi poros ketiga.

Opsi lain adalah memilih bergabung di antara dua poros yang sudah tercipta, antara Prabowo dan Jokowi.

"Kami yakini Partai Demokrat masih punya waktu menentukan sikap mana yang terbaik," kata Agus. Yang pasti, Demokrat tetap ingin rencana menjadikan AHY pemimpin masa depan berjalan mulus. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Koordinasi

Yang jelas, menurut Agus, Demokrat masih berkoordinasi dengan partai lain. Sebab, bila ingin mengusung calon presiden Demokrat harus berkoalisi untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen suara sah nasional.

"Kita harus melihat cita-cita, Partai Demokrat ingin AHY, tentu kalau sekadar keinginan kurang benar, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh koordinasi dilakukan betul-betul," lanjutnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.