Elektabilitas Aher Tertinggi di PKS, Cawapres Prabowo?

Oleh Liputan6.com pada 16 Apr 2018, 18:48 WIB
Diperbarui 18 Apr 2018, 18:13 WIB
Bahas Pilkada Jabar, Prabowo Kumpulkan Partai Koalisi Asyik

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengatakan, dari sembilan nama calon presiden dan wakil presiden PKS, elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  atau Aher tertinggi.

"Ya kalau di PKS kan objektifnya dari sembilan nama itu, suara terbanyak adalah Pak Aher," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2019).

Menurutnya, urutan dari sembilan nama diumbar ke media disusun berdasarkan elektabilitas dalam internal partai. Mulai dari Aher hingga Mardani Ali Sera.

"Nomor satu Pak Aher, nomor dua saya, nomor tiga Pak Anis Matta, nomor empat Pak Irwan Prayitno, nomor lima Sohibul Iman dan seterusnya sampai nomor sembilan. Jadi kalau Pak Aher paling kuat ya karena beliau memang pilihan tertinggi dari penjaringan di PKS," ungkapnya.

PKS, kata Hidayat, belum mengomunikasikan lebih lanjut ke Gerindra soal elektabilitas Aher yang tinggi. Sebab, hal itu masih bersifat dinamis.

2 of 2

Dikenal Publik

Bahas Pilkada Jabar, Prabowo Kumpulkan Partai Koalisi Asyik
Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto berbincang Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (1/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Kalau itu belum pada sampai tingkat urutan semacam itu. Itu masih jalan dalam konteks yang sangat dinamis dan semuanya masih dikomunikasikan," ucapnya.

Selain di internal, Aher juga memiliki elektabilitas yang tinggi di masyarakat. Namun, tingginya elektabilitas tidak membuat Aher selalu diutamakan oleh PKS.

"Pak Ahmad Heryawan di tingkat publik sangat dikenal sebagai gubernur di provinsi terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar, dengan masa jabatan dan penghargaan yang banyak. Dan penghargaan ini bukan diberikan PKS," tandasnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓