Sukses

Rute Alternatif bagi Pengemudi untuk Hindari Ganjil Genap Tol Tangerang

Kakorlantas Polri berharap uji coba penerapan ganjil genap di Tol Jakarta Tangerang berjalan efektif.

Liputan6.com, Tangerang - Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan ada beberapa rute yang bisa digunakan pengemudi terdampak aturan ganjil genap di Tol Tangerang-Jakarta. Sebab, penerapan kebijakan itu diujicobakan pada hari ini, Senin (16/4/2018).

Dia menerangkan, pengendara bisa memilih jalur alternatif dengan masuk tol melalui pintu tol Karawaci atau ke Jalan Raya Serpong.

"Kalau mau jauh sedikit bisa ke Arteri Daan Mogot," kata Royke, di pintu Tol Kunciran 2, Kota Tangerang.

Alternatif lain yang bisa ditempuh pengendara adalah berangkat lebih awal.

"Sebelum pukul 06.00 atau cari jalan lain. Kami bukan melarang, tapi mengatur supaya kecepatan di jalan tol ini stabil, minimal 60 km per jam," Royke menambahkan.

Ia berharap uji coba penerapan ganjil genap di Tol Jakarta Tangerang berjalan efektif. Dia berpesan agar petugas di lapangan tetap sabar dalam melayani masyarakat pengguna jalan.

"Saat sosialisasi uji coba cukup, tapi untuk penerapan masih kurang. Belum maksimal tapi cukup untuk uji coba. Susah-susah gampang, tapi petugas harus sabar dan tegas," tutur Royke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebatas Teguran

Pada uji coba hari pertama di pintu Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 ini, petugas baru memberikan teguran serta belum menerapkan sanksi.

"Antrean kita lihat terkadang sampai panjang, tapi sebentar lengang. Petugas tetap harus berikan arahan kepada pengguna jalan untuk sampaikan seperti ini aturannya," kata Royke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.