Hindari Ganjil Genap, 66 Persen Pengendara Berangkat Lebih Pagi di Tol Bekasi

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2018, 15:04 WIB
Hari Kedua Ganjil Genap, Mobil Plat Genap Berputar Balik

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, sebanyak 66 persen para pengendara berangkat lebih pagi atau lebih awal sebelum pukul 06.00 WIB. Hal itu menyusul sistem ganjil-genap di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

"Sebagian besar memilih waktu. 66 Persen memilih sebelum jam 06.00 WIB. Mereka lewat sebelum jam 06.00 WIB," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa usai berolahraga bersama atlet Asean Games di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (15/4/2018).

Selain itu, akibat ganjil genap di Tol Bekasi, para pengendara lainnya yang menggunakan transportasi umum berjumlah 10 persen. "Yang memilih pintu lain dan jalan arteri juga ada sekitar 10 persen," imbuh dia.

Pada 12 Maret 2018, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Kementerian Perhubungan mulai menerapkan kebijakan ganjil genap di tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Khusus arah Jakarta, setiap Senin-Jumat, pada pukul 06.00-09.00 WIB, kecuali hari libur.

Selain itu, angkutan barang golongan III, IV dan V pada hari Senin-Jumat, sekitar pukul 06.00-09.00 WIB, dilarang untuk beroperasi di sepanjang ruas tol Jakarta-Cikampek.

 

1 of 2

Ganjil Genap di Tangerang

Hari Kedua Ganjil Genap, Mobil Plat Genap Berputar Balik
Suasana di Gerbang Tol Bekasi Barat 1, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (13/3). Hari kedua penerapan ganjil genap, masih banyak kendaraan berputar balik di gerbang tol tersebut. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Polda Metro Jaya optimistis uji coba kebijakan Ganjil Genap di Tol Jakarta-Tangerang akan berhasil. Kebijakan itu akan mulai diterapkan pada Senin 16 April 2018.

"Mengingat keberhasilan di Tol Cikampek, kami optimistis peraturan serupa berlaku di Tol Jakarta - Tangerang juga akan berhasil," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Minggu (15/4/2018).

Jajaran Polda Metro jaya pun bersiap untuk menyukseskan peraturan itu. Polisi, kata Argo, sudah bersiaga bila Senin pagi, uji coba peraturan ganjil genap diterapkan.

Menurutnya, sosialisasi sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum kebijakan tersebut dilakukan. Langkah itu dinilainya sangat maksimal.

Sehingga, Argo yakin masyarakat sudah pasti mengetahui dan memahaminya aturan baru yang akan diterapkan.

"Sosialisasikan sudah dilakukan, kami berharap masyarakat bisa memakai atau berpindah ke moda transportasi umum," kata Argo.

Seperti diketahui, besok kebijakan ganjil genap mulai diujicobakan. Ganjil genap akan diterapkan pada gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2.

 

Reporter : Nur Habibie

Sumber : Merdeka.com

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓