Ratusan Peserta Ikuti Kompetisi DigiPlay di Tangerang

Oleh Andry Haryanto pada 15 Apr 2018, 06:04 WIB
Diperbarui 15 Apr 2018, 06:04 WIB
DigiPlay
Perbesar
Suasana kemeriahan ajang DigiPlay 2018. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Pagelaran industri kreatif bertema 'Gather Fun and Play' digelar di The Breeze BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 14 April 2018. Ada sekitar 500 orang mengikuti kompetisi tersebut.

Acara digelar untuk memperkenalkan Pop Culture dan Industri Kreatif di bidang E-Sport. Peserta dapat mengikuti 3 kategori yang dilombakan. Yaitu Mobile Legend Competition, Cosplayer, dan Trading Card.

Para peserta sendiri berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Hal itu menunjukkan bahwa animo masyarakat dalam mengikuti perkembangan industri kreatif sangat lah besar.

"Dengan acara DigiPlay ini, besar harapan Industri Kreatif di Indonesia semakin berkembang khususnya di bidang E-Sport," kata pemimpin PT Digital Creative Indonesia, Resha Surya Atmadja dalam keterangannya, Minggu (15/4/2018).

Sementara itu, Ketua Panitia Digiplay, Panji Himawan mengungkapkan para peserta berasal dari berbagai daerah. Momen Digiplay ini merupakan bentuk konkret untuk mendukung komunitas industri kreatif di Indonesia.

Terkait dengan penilaian, jelas Panji, pihaknya akan menerapkan sistem gugur pada peserta game online Mobile Legend. Mereka yang menang akan melaju pada babak berikutnya.

Sementara peserta dari Cosplay, akan dinilai dari kostum yang paling menyerupai aslinya. Mereka ditantang untuk mengenakan kostum karakter di beberap portal games, dengan kategori dan tema yang ditentukan.

"Dalam Cosplay Competition, akan ada 2 kategori yaitu Cosplay itu sendiri dan Cosplay Street," imbuh Panji.

Mereka yang menjadi juara dalam Mobil Legends, akan mendapat hadiah sebesar Rp20 juta. Sedangkan kategori Cosplay meraup hadiah sebesar Rp 14 juta, dan kategori Trading Card mendapat hadiah Rp 8 juta.

 

2 dari 2 halaman

Trading Card

DigiPlay
Perbesar
Suasana kemeriahan ajang DigiPlay 2018. Liputan6.com/Pramita Tristiawati

Untuk model trading card, peserta dapat dinilai dari yang yang paling panjang nilai 'nyawa' dari kartu yang dipertarungkan. Permainan berbasis kartu peraturan yang unik, dengan jumlah kartu yang mencapai ratusan hingga ribuan jenis kartu yang dapat dimainkan.

Kartu itu dibagi menjadi beberapa jenis kartu yang dipecah ke dalam beberapa kelompok, tergantung dari tingkat kelengkapannya.

"Hari ini semua full day, jadi mungkin semua finalnya akan berlangsung malam ini juga," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓