Sukses

Romahurmuziy: PPP Tidak Mendorong Nama Cawapres ke Jokowi

Rekomendasi soal kriteria cawapres itu hanya menjadi rujukan bagi Jokowi agar memilih cawapres ideal menurut para ulama PPP.

Liputan6.com, Semarang - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menyampaikan rekomendasi soal kriteria calon wakil presiden kepada Joko Widodo atau Jokowi. Ketua Umum PPP M Rommahurmuziy mengakui kriteria itu disampaikan agar Jokowi menggandeng cawapres yang sejalan dengan partai-partai Islam, termasuk PPP.

Dengan dipilihnya cawapres sesuai kriteria-kriteria itu, kata Romi, partai-partai Islam akan memperoleh cocktail effects. Di mana, partai yang memiliki calon presiden atau wakil presiden mendapatkan keuntungan suara pendukung calon yang diusung.

"Iya, yang pasti kita menginginkan agar calon yang mendampingi Pak Jokowi besok merupakan calon yang sejalan dan senapas dengan warna PPP dan partai Islam," kata Romi di Hotel UTC, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2018).

Romi mengaku tidak ingin berspekulasi kriteri-kriteria cawapres yang dirumuskan oleh para ulama dalam forum Munas itu mengarah kepadanya. PPP, kata dia, tidak menawarkan nama cawapres kepada Jokowi.

Rekomendasi soal kriteria cawapres itu hanya menjadi rujukan bagi Jokowi agar memilih cawapres ideal menurut para ulama PPP.

"Saya tidak mau berspekulasi mengarah kemana karena PPP tidak sedang mendorong nama," ujarnya.

Lagipula, menurut Romi, rekomendasi soal kriteria cawapres itu masih harus didiskusikan bersama partai-partai pendukung Jokowi lainnya. Sejauh ini, PPP masih menunggu ajakan dari Jokowi untuk berembuk dengan partai-partai pendukung membahas nama cawapres.

Romi melanjutkan, koalisi partai-partai pendukung Jokowi telah sepakat untuk bertemu membahas cawapres usai Pilkada 2018.

"Itu kan baru kriteria yang diajukan alim ulama PPP. Kita masih harus bicara dengan partai lain. Dan seperti yang disampaikan Pak Jokowi, setiap saat setiap waktu saya juga berdiskusi dengan Beliau," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Poin Kriteria

Diketahui, Romi membacakan rekomendasi soal kriteria cawapres dari para ulama. Rekomendasi soal kriteria cawapres itu dibagi menjadi 5 poin dan dibacakan di hadapan Jokowi yang hadir dalam acara Hari Lahir ke-45 PPP.

Pria yang akrab disapa Romi itu mengatakan kriteria pertama yaitu Jokowi disarankan memilih cawapres yang terpenuhi syarat menurut Islam. Kriteria kedua, cawapres Jokowi harus orang yang berintegritas dan memiliki kompetensi.

Kriteria lainnya adalah Jokowi disarankan menggandeng sosok cawapres dari kalangan santri, berilmu santun. Kemudian, cawapres Jokowi harus peduli dengan rakyat.

Kriteria terakhir, lanjut Romi, adalah Jokowi disarankan menggaet cawapres yang berasal dari generasi muda. "Muda dan milenial agar mampu menyesuaikan dengan perkembangan generasi," tambah Romi.

 

Reporter: Renald Ghiffari

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.