Sukses

Jokowi: Persatuan Indonesia Dibangun dalam Kerangka Ketuhanan

Peran agama dalam kehidupan masyarakat Indonesia, menurut Jokowi, sangat sentral dan dibuktikan dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, persatuan di Indonesia dibangun dalam kerangka Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu disampaikannya dalam Silaturahmi Penyuluh Agama se-Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Bahwa kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan semuanya dibangun dalam kerangka Ketuhanan. Harus kita pahami dan sadari bersama," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Silaturahmi Penyuluh Agama se-Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2018).

Peran agama dalam kehidupan masyarakat Indonesia, menurut Jokowi, sangat sentral dan dibuktikan dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menjiwai keempat sila lain dalam ideologi dasar negara Pancasila.

Jokowi menjelaskan, sebuah hasil penelitian juga menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia, di atas 80 persen, menganggap agama merupakan hal yang sangat penting.

"Namun, di saat yang sama juga terpotret bahwa konflik sosial dengan akar agama harus tetap terus diwaspadai, terus diantisipasi. Hal ini lah yang harus menjadi perhatian kita bersama," kata Presiden Jokowi, seperti pernyataan dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Dalam acara yang dihadiri oleh 5.711 penyuluh agama baik dari perwakilan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu tersebut, Jokowi juga mengajak masyarakat tidak menghabiskan energi untuk mempertajam perbedaan, terutama perbedaan yang terkait dengan pilihan dalam pemilihan bupati/wali kota, pemilihan gubernur, maupun pemilihan presiden.

"Nah, ini urusan perbedaan, sekarang di Jawa Tengah ada pilgub dan ada pilihan bupati wali kota ada tujuh. Nanti 2019 ada pilpres, sampaikan kepada masyarakat bahwa pilihan berbeda dalam demokrasi itu biasa. Pilih pemimpin yang paling baik. Setelah coblos rukun kembali sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air, bersama-sama membangun negara ini," kata Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagi-Bagi Sepeda

Ketika memberikan kuis berhadiah sepeda, salah satu pertanyaan Presiden Jokowi adalah menyebutkan 17.000 pulau yang dimiliki Indonesia. Dan, seorang penyuluh non-pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surakarta bernama Mujiarti mendapatkan kesempatan untuk menjawabnya.

"Indonesia. Karena saya tidak bisa menyebutkan 17.000, Pak. Semua pulau itu tergabung menjadi satu, namanya Negara Kepulauan Republik Indonesia. Tidak bisa dipisah-pisahkan, Pak," ujar Mujiarti menegaskan.

Mendengar jawaban itu, Presiden mengapresiasi Mujiarti dan mengatakan bahwa jawaban tersebut merupakan jawaban yang pintar. Namun demikian, Jokowi tetap meminta Mujiarti menyebutkan tujuh nama pulau.

"Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Pulau Bali, Pulau Madura," tanggap Mujiarti, yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat yang mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Majelis Ulama Indonesia K.H. Ma'ruf Amin, dan Plt. Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko serta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi