Sukses

Sah, PKPI Ikut Pemilu 2019 dengan Nomor Urut 20

Penetapan ini sebagai konsekuensi dari putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), yang memenangkan gugatan PKPI sebagai partai politik peserta pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai peserta Pemilu 2019. Penetapan berlangsung dalam rapat pleno terbuka yang digelar hari ini, Jumat (13/4/2018).

Penetapan ini sebagai konsekuensi dari putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), yang memenangkan gugatan PKPI sebagai partai politik peserta pemilu 2019.

"Dengan memperhatikan putusan PTUN, memutuskan, menetapkan, mencabut keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018, menetapkan PKPI memenuhi syarat sebagai partai peserta pemilu 2019," ucap Komisioner KPU Hasyim Asyari, di Gedung KPU Pusat, Jakarta Pusat, Juma.

Selanjutnya, Komisioner KPU lainnya, Evi Novida Ginting, mengumumkan nomor urut untuk PKPI, yakni 20.

"Menetapkan nomor 20 sebagai nomor urut Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai peserta Pemilihan Umum 2019, keputusan ini berlaku sejak tanggal penetapan," ujar Evi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senyum Semringah Hendropriyono

Penetapan ini dihadiri oleh Ketua Umum PKPI Hendropriyono dan sejumlah pengurus partai itu. Hendropriyono yang mengenakan seragam PKPI tersenyum semringah ketika memperoleh nomor urut tersebut.

PKPI resmi menjadi partai politik peserta pemilu 2019, lewat putusan PTUN yang menerima gugatan PKPI dan meminta KPU untuk mencabut Surat Keputusan KPU RI Nomor 58/PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, dan Dewan Perwakila Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2019.

Dalam SK tersebut ditetapkan, PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019. Bawaslu sempat memperkuat putusan itu. PKPI pun mengajukan gugatan ke PTUN, hingga diputuskan PKPI berhak ikut Pemilu 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.