Sukses

Melihat Rail Clinic, Kereta Api Layanan Kesehatan di Purwakarta

Tak ubahnya di klinik atau rumah sakit, maka setiap gerbong kereta Rail Clinic disulap menjadi sejumlah ruangan tempat pengobatan dilakukan.

Fokus, Purwakarta - Rail Clinic, layanan kesehatan yang bertempat dalam gerbong kereta api di Stasiun Kereta Sukatani Purwakarta selalu dipenuhi oleh warga yang ingin berobat. Fasilitas ini merupakan layanan kesehatan gratis dari pihak PT KAI bagi warga di daerah-daerah terpencil.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (12/4/2018), tak ubahnya di klinik atau rumah sakit, setiap gerbong kereta Rail Clinic disulap menjadi sejumlah ruangan pengobatan. Warga Purwakarta antusias memanfaatkan layanan kesehatan yang diberikan secara gratis ini dan rela antre berjam-jam.

"Saya ke sini itu lumayan sering, sebulan sebanyak dua kali saya ke sini. Saya berobat untuk menyembuhkan sakit mag, sakit gigi, dan katarak," ujar warga, Enok.

Meski gratis, jenis layanan yang diberikan Rail Clinic relatif lengkap. Mulai dari pengobatan umum, pemeriksaan dengan USG, hingga pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis.

"Di sini kita menyediakan dokter umum, dokter gigi, pemeriksaan lab sederhana, dan USG. Setelah itu, adapula pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata secara gratis," kata Manager Kesehatan PT KAI Daops 2 Bandung Cicah Ratisah.

Layanan pengobatan gratis ini digelar PT KAI Daop 2 Bandung sebagai bentuk kepedulian dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat di daerah-daerah yang dinilai terpencil atau daerah korban bencana alam.