Sukses

Peringati 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium, Anies Akan Gelar Syukuran

Kampung Akuarium, Penjaringan, digusur oleh Pemprov DKI pada 11 April 2016. Anies pun berjanji tidak akan ada lagi penggusuran di pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggelar syukuran di Kampung Akuarium. Menurut Anies, syukuran itu adalah bentuk selamatan atas kembalinya hak warga Kampung Akuarium untuk mendapatkan tempat tinggal.

"Ini adalah dua tahun dibongkarnya Kampung Akuarium hari ini. Alhamdulillah, Sabtu kita akan ada syukuran di sana. Bahwa kita telah mengembalikan hak-hak warga di Kampung Akuarium untuk mereka bisa tinggal dan bisa tercatat sebagai penduduk," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Adapun Kampung Akuarium, Penjaringan, digusur oleh Pemprov DKI pada 11 April 2016. Anies pun berjanji tidak akan ada lagi penggusuran di pemerintahannya.

"Anda pasti masih ingat rekaman peristiwa ketika kampung itu porak-poranda oleh pembongkaran paksa. Cukup sudah peristiwa-peristiwa pembongkaran paksa yang tidak memiliki dasar pada prinsip keadilan," ucap Anies.

Diketahui, sejak awal menjabat Anies berjanji membangun kembali Kampung Akuarium. Untuk sementara, warga akan dibuatkan shelter terlebih dahulu sebelum kampung kembali dibangun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Shelter Akuarium

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan, shelter Akuarium sudah selesai dibangun.

"Sudah 100 persen, sudah ditempati," ujar Agustino.

Sementara untuk pembangunan kampung masih pada tahap koordinasi. Agustino mengatakan, pihaknya sedang melakukan reposisi lokasi untuk menentukan tempat pembangunan.

"Kalau batas-batasnya sudah jelas, kita akan bangun di situ," ujar Agustino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.