Sukses

Polisi Tes Urine Pengendara yang Tabrak Sastrawan Danarto

Penyidik satuan Lantas Polres Tangerang Selatan telah melakukan tes urine kepada pengendara sepeda motor yang diduga menabrak Sastrawan Danarto di Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik satuan Lantas Polres Tangerang Selatan telah melakukan tes urine kepada pengendara sepeda motor yang diduga menabrak sastrawan Danarto di Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Lalu Hedwin Hanggara menyebut, hasil urine pengendara roda dua atas nama Surya Lesmana negatif narkoba. Dia hanya tidak bisa menghindar ketika Danarto menyeberang.

"Negatif dan tidak dalam pengaruh apa-apa. Pengendara dalam keadaan sadar, tapi sudah tidak bisa menghindar. Kita sudah mintakan keterangan juga," kata AKP Lalu Hedwin saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (10/4/2018) malam.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara. Pihaknya berkesimpulan sementara, peristiwa yang terjadi siang bolong itu adalah murni kecelakaan. Dia menyebut penyidik belum melihat ada unsur pidana atau kelalaian dalam kecelakaan yang menewaskan sastrawan Danarto tersebut hingga Selasa malam.

"Kecelakaan murni sejauh ini dugaan kita. Tidak ada yang macam-macam atau mengarah ke mana. Pengendara motor kita mintakan keterangan. Belum ada tersangka,"  ujar Lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Sudah Diingatkan Sebelum Menyeberang

Kemudian dari hasil pemeriksaan saksi-saksi di lokasi, terungkap korban sudah diingatkan sebelum menyeberang. Malah, kata Lalu, korban terlihat bingung saat menyeberang di lokasi kejadian.

"Ada penuturan saksi bahwa almarhum sudah diingatkan jangan menyeberang lewat situ. Terus terlihat korban agak bingung,"  ungkap Lalu.

Dia menyatakan, jalur yang dipakai korban menyeberang memang terbilang ramai dan tidak aman.

"Di situ (lokasi kejadian) memang jalur ramai," tutur Lalu.

Sebelumnya, sastrawan Danarto (77) tertabrak sepeda motor saat menyeberang di Jalan Ir Juanda atau di dekat kampus UIN, Ciputat, Tangerang Selatan. Saat tiba di dekat showroom Mandiri motor, Danarto menyeberang. Saat itu korban hendak menuju Kantor Cabang BRI. 

Nahas, di saat yang sama sepeda motor yang dikendarai Surya Lesmana (20) melaju dari arah Ciputat menuju Lebak Bulus.

"Motor tersebut tidak dapat menghindari dan terjadi kecelakaan lalu lintas," ucap Lalu.

Akibatnya, Danarto mengalami luka di bagian kepala dan akhirnya mengembuskan nafas terakhir di RS Fatmawati. Sebelumnya korban sempat mengalami koma selama beberapa jam. Jenazah rencananya dimakamkan di Sragen, Jawa Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.