Sukses

Jokowi Diminta Pilih Cawapres dari Kalangan Ulama

Jokowi menyampaikan bahwa penentuan capres dan cawapres harus disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku.

Liputan6.com, Jakarta - Ulama Jawa Barat memberikan masukan kepada Presiden Jokowi mengenai kriteria cawapres yang cocok untuk mendampinginya. Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hamidiyah Depok, Jawa Barat, Zainuddin Maksum Ali mengatakan sosok cawapres ideal berasal dari kalangan ulama.

"Dari unsur ulama yang bisa mengangkat suara Jokowi. Jangan sekadar ulama, tapi ulama yang memang bisa mewarnai Nusantara," ucap Zainuddin usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (10/4/2018).

Meski memberikan masukan sosok cawapres, para ulama tidak mengajukan nama pilihan mereka. Ulama menyerahkan kepada Jokowi untuk menentukan calon wakilnya.

"Hanya persyaratan (tidak menyebut nama cawapres), kalau bisa dari ulama. Karena Pak Jokowi nasionalis dan kalau pake ulama ini sinergi," kata dia.

Menanggapi masukan para ulama Jawa Barat, Jokowi hanya tertawa. Menurut Zainuddin, Jokowi menyampaikan bahwa penentuan capres dan cawapres harus disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku seperti ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

"'Ini Capres-Cawapres ada Undang-undangnya minimal 20 persen dan seterusnya'," ujarnya meniru jawaban Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setelah Pilkada

Zainuddin menambahkan, Jokowi memastikan penentuan sosok cawapres akan dilakukan beberapa bulan mendatang. Realisasinya diperkirakan setelah pilkada serentak dilakukan di 171 daerah.

"Nanti menunggu setelah pilkada, baru Beliau menyampaikan tentang posisi Presiden maupun wakil presiden," kata dia.

Reporter: Titin Supriyatin

Sumber : Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.