Uji Coba Ganjil Genap Tol Jagorawi dan Tangerang, Ini Penjelasan BPTJ

Oleh Rita Ayuningtyas pada 10 Apr 2018, 04:30 WIB
Diperbarui 10 Apr 2018, 04:30 WIB

Fokus, Jakarta - Uji coba penerapan sistem ganjil genap untuk kendaraan pribadi di Tol Jagorawi, Tangerang, dan Bekasi akan dilakukan pada 16 April mendatang. Kebijakan ini dilakukan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) setelah penerapan sistem ganjil genap di Tol Bekasi Barat dan Timur dianggap berhasil mengurangi tingkat kepadatan kendaraan di Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (10/4/2018), penerapan ganjil genap akan diberlakukan di Pintu Tol Cibubur 2, Pintu Tol Tangerang 2 dan di Pintu Tol Cikunir 2 mulai pukul 06.00 hingga 09.00.

"Kami punya target 50 persen turun. Artinya apa yang sekarang visi rasio 1 bisa kita tekan sampai lima. Kalaupun tidak paling maksimal tujuh; 0,7 yah. Artinya, kategori C. Harapan kami adalah ada pengurangan volume lalu lintas di jalan raya ataupun di jalan tol. Harapan kami mereka pindah ke angkutan umum," ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihantoro.

Selain mengurangi tingkat kepadatan kendaraan di Jakarta, kebijakan ini dilakukan sebagai persiapan Asian Games. Rahman, salah satu pengendara menuturkan sangat setuju selama kebijakan untuk kebaikan masyarakat dan merepotkan.

Penerapan sistem ganjil genap ini nantinya akan dibarengi penyiapan transportasi agar penggguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. Berbeda dengan di Bekasi yang transportasi massal disiapkan di mal. Untuk Cibubur dan Tangerang angkutan massal akan disiapkan di pemukiman.

Live Streaming

Powered by