Sukses

Gempa 6,1 SR Guncang Shimane Jepang

Tidak ada laporan korban tewas, hanya lima warga mengalami luka ringan.

Liputan6.com, Jepang - Wilayah barat Jepang dihantam gempa 6,1 skala richter (SR). Lima warga mengalami luka ringan. Berita ini mengawali Jendela Dunia dalam Liputan6 Malam SCTV, Selasa (10/4/2018).

Gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Shimane. Pusat gempa berada sekitar 12 kilometer barat Kota Oda. Selain Kota Oda, daerah terparah terdampak gempa adalah Kota Matsue dan Izumo.

Tidak ada laporan korban tewas, hanya lima warga mengalami luka ringan. Berdasarkan data badan pengendalian bencana dan kebakaran, lebih dari 1.000 rumah warga kehilangan pasokan air dan listrik. Musibah ini juga memicu tanah longsor serta rusaknya jalan raya.

Badan meteorologi Jepang menegaskan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara di Suriah, sehari pasca serangan gas saraf sarin di kota Douma yang menewaskan lebih dari 70 orang, pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad dan kelompok oposisi sepakat melakukan gencatan senjata. Periode gencatan senjata ini digunakan untuk mengevakuasi para korban.

Pemerintah Suriah sendiri membantah menggunakan gas saraf sarin di Douma.

Di Amerika Serikat, sebuah bus yang mengangkut rombongan siswa SMA Long Island menabrak jalan layang di Lake View New York hingga menimbulkan kerusakan parah dibagian atap bus. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Enam penumpang menderita luka berat, 37 lainnya mengalami luka ringan. Penyelidikan awal menyebutkan kelalaian sopir menjadi penyebab kecelakaan.

Selain itu, 1,5 bulan lagi Walt Disney Studios akan merilis seri terbaru film Star Wars berjudul "Solo: A Star Wars Story". Film garapan sutradara Ron Howard ini menceritakan petualangan Han Solo di masa muda dengan rekan sekaligus co-pilotnya Chewbacca. Kemudian keduanya bertemu dengan Luke Sky Walker dan Obi-Wan Kenobi.

Han Solo dan Chewbacca melakukan aksi pemberontakan melawan Lando Calrissian yang terkenal jahat di jagat antariksa. Selain Alden Ehrenreich yang memerankan tokoh Han Solo muda, film produksi "Lucasfilm" ini turut melibatkan aktor dan aktris berbakat lainnya seperti Woody Harrelson, Emilia Clarke, Donald Glover, dan Joonas Suotamo.

"Solo: A Star Wars Story" resmi ditayangkan diseluruh negara pada 25 Mei mendatang.