Sukses

Fadli Zon Sebut Jokowi Tiru Gaya Prabowo Saat Pidato

Fadli Zon mengingatkan Jokowi lebih berhati-hati menggunakan data saat berpidato atau memberikan sambutan, terutama terkait penghitungan utang negara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sambutan yang "berapi-api" dalam acara Konvensional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Sabtu pekan lalu. Dalam sambutannya, dia menyoroti beberapa isu yang selalu menyerangnya, seperti utang negara, infrastruktur, PKI, hingga antek asing.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menanggapi pidato yang "berapi-api" tersebut. Menurut dia, Jokowi mulai meniru gaya pidato Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Ya, mungkin mau niru-niru gaya pidato Pak Prabowo kali," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (9/4/2018).

Fadli menuturkan, wajar saja jika seseorang mengubah gaya dalam berpidato seperti Jokowi. Hanya saja, Wakil Ketua DPR ini mengingatkan Jokowi harus lebih berhati-hati menggunakan data saat berpidato atau memberikan sambutan, terutama terkait penghitungan utang negara.

"Itu kan sah-sah saja orang mau mengubah gayanya. Tetapi mungkin data-datanya harus lebih akurat ya. Data utang disampaikan Pak Jokowi kan juga tidak terlalu akurat. Termasuk pembayaran bunga dan pokoknya. Coba diperiksa lagi," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Semua Bohong dan Fitnah

Wakil Ketua DPR ini menegaskan, isu yang menyerang Jokowi tidak semuanya bohong ataupun fitnah. Salah satunya mengenai isu utang dan juga infrastruktur.

"Tapi kalau yang lain-lain tidak ada yang hoaks. Misalnya persoalan ekonomi kan tidak hoaks, kenaikan BBM, kenaikan listrik, pencabutan subsidi, infrastruktur yang juga banyak rusak, tidak ada hoaks saya kira," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi geram dengan pemberitaan di media sosial tentang isu utang pemerintah yang jumlahnya mencapai ribuan triliun rupiah. Presiden Jokowi menegaskan, utang itu bukan karena ulahnya melainkan sudah ada dari pemerintah sebelumnya.

"Isu utang, saya dilantik itu utangnya sudah Rp 2.700 triliun, ya saya ngomong apa adanya. Bunganya setiap tahun Rp 250 triliun. Kalau empat tahun sudah tambah seribu. Ngerti ndak ini? Supaya ngerti, jangan dipikir saya utang segede itu, enak aja," kata Presiden Jokowi dengan nada kesal saat memberikan sambutan dalam acara Konvensi Nasional Galang Kemajuan Tahun 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Sabtu (7/4/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
    Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

    Fadli Zon

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Merdeka.com