Sukses

Kapolda Sulawesi Tengah Dicopot, Terkait Pembubaran Pengajian di Banggai?

Pengawalan eksekusi lahan oleh polisi di Tanjung Luwuk, Banggai, Sulteng dinilai tidak sesuai prosedur.

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri mengganti jabatan Kapolda Sulawesi Tengah yang semula diemban Brigjen I Ketut Argawa. Ketut yang baru menjabat sebagai Kapolda Sulteng selama tiga bulan kini dimutasi sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi (Karo Renmin) Inspektorat Pengawasan Umum Polri.

Hal itu tertuang dalam Telegram Kapolri bernomor ST/964/IV/KEP/2018 tertanggal 8 April 2018. Jabatan Kapolda Sulteng yang akan ditinggalkan I Ketut Argawa tersebut bakal diisi oleh Brigjen Pol Ermi Wydiatno yang semula menjabat Wakapolda Riau.

Sebuah peristiwa yang menjadi perhatian publik di wilayah hukum Polda Sulteng sempat terjadi di masa kepemimpinan Ketut. Pengawalan eksekusi lahan oleh polisi di Tanjung Luwuk, Banggai, Sulteng dinilai tidak sesuai prosedur.

Polisi membubarkan pengajian ibu-ibu yang tengah zikir sebagai bentuk penolakan eksekusi lahan. Bahkan peristiwa tersebut berbuntut pada pencopotan AKBP Heru Pramukarno dari jabatan Kapolres Banggai.

Namun Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Setyo Wasisto membantah adanya hubungan peristiwa tersebut dengan pemindahan Ketut ke jajaran Mabes Polri. Menurut dia, mutasi jabatan di Polri merupakan hal yang lumrah.

"Setahu saya ini mutasi rutin, tour of duty dan tour of area. Banyak yang mendapat promosi maupun mendapat amanah di tempat atau satuan kerja baru sebagai penyegaran di dalam organisasi Polri," ujar Setyo, Jakarta, Minggu 8 April 2018.

Sebelumnya, Brigjen I Ketut Argawa dilantik sebagai Kapolda Sulteng pada 11 Januari 2018. Dia saat itu menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang kini menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengganti Irjen Firli

Mutasi juga terjadi di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Kapolri menunjuk Brigjen Achmad Juri sebagai Kapolda NTB menggantikan Brigjen Firli yang terpilih menjabat Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Brigjen Achmat sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Adapun posisi Kapolda Maluku Utara nantinya akan diisi oleh Brigjen M Naufal yang saat ini menjabat Wakapolda Kalimantan Timur.

Selain itu, jabatan Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri juga mengalami perombakan. Kadivkum Polri Irjen Agung Sabar Santoso dimutasi menjadi Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Agung menggantikan posisi Irjen Ketut Untung Yoga yang akan memasuki masa pensiun.

Sementara jabatan Kadivkum Polri akan diisi oleh Brigjen Mas Guntur Laupe yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sulawesi Selatan. Posisi Wakapolda Sulsel nantinya akan diisi Kombes Risyafuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.