Premium Langka, Konsumen Mengeluh

Oleh Rinaldo pada 06 Apr 2018, 10:26 WIB
Diperbarui 06 Apr 2018, 10:37 WIB

Liputan6SCTV, Tegal - Pertamina membantah adanya kelangkaan Premium di sejumlah wilayah. Padahal fakta di lapangan, sejumlah SPBU kehabisan stok Premium. Bagi masyarakat yang masih bergantung kepada BBM bersubsidi, kondisi ini tentunya semakin menyulitkan mereka.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Jumat (6/4/2018), kelangkaaan Premium di sejumlah wilayah belakangan ini masih terus terjadi. Di Tegal misalnya, berdasarkan penelusuran di beberapa SPBU di jalur Pantura Tegal, hanya tersedia Pertamax, Pertalite, Deklite, dan solar. Menurut seorang operator SPBU di jalur pantura Desa Demangharjo, Tegal, stok Premium kosong sejak sebulan terakhir, disebabkan pasokan dari Pertamina terhenti.

Akibat kelangkaan Premium, konsumen terpaksa membeli BBM non-subsidi seperti Pertamax dan Pertalite. Bagi warga yang masih bergantung kepada BBM subsidi, kondisi ini tentunya disesalkan oleh mereka.

Pertamina, melalui Direktur Utama Elias Massa Manik, membantah bahwa adanya kelangkaan Premium dan menyatakan yang terjadi hanyalah dampak dari pengurangan nosel atau alat pengisian BBM di SPBU.

Namun, sejumlah kalangan menuding kelangkaan Premium hanyalah akal-akalan Pertamina agar masyarakat yang mengonsumsi BBM bersubsidi beralih ke BBM non-subsidi seperti Pertalite dan Pertamax.