Sukses

Moeldoko: Pesantren Bisa Lahirkan Menteri hingga Presiden

Moeldoko menyatakan, sistem pendidikan pesantren bisa jadi alternatif menanamkan dan menumbuhkan karakter anak bangsa yang kuat dan tangguh.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyatakan, santri pondok pesantren bisa jadi pemimpin masa depan bangsa. Santri, kata dia bisa jadi menteri bahkan pemimpin negara alias presiden.

"Semua kemungkinan terbuka bagi siapa pun untuk menjadi apa pun dalam kehidupan bangsa Indonesia saat ini," tegas Moeldoko saat mengunjungi Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi, Rabu (4/4/2018). 

Moeldoko menyatakan, sistem pendidikan pesantren bisa jadi alternatif untuk menanamkan dan menumbuhkan karakte anak bangsa yang kuat dan tangguh.

"Santri bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong," ujar Moeldoko dikutip dari Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Masa Kecil

Dalam kesempatan itu, mantan Panglima TNI itu berkisah dengan masal kecilnya yang banyak dihabiskan di surau di kampungnya Kediri.

"Saya bahkan sering tidur di langgar (musala) hanya beralaskan tikar," tutur Moeldoko.

Moeldoko kecil adalah anak keluarga petani yang hidupnya sangat sederhana dan penuh perjuangan. Guru ngaji di langgar atau surau kecil menjadi bagian penting yang menempa karakter sosok Moeldoko kecil.

"Mungkin banyak yang mengira saya lahir dari lingkungan keluarga kaya atau keluarga orang penting. Itu sama sekali tidak benar," tegas dia.

Sebagai anak petani kecil, sekolah sampai bisa ke jenjang SMA pun butuh perjuangan yang sangat berat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • KSP