Sukses

Pesan Hamdan Zoelva untuk Anwar Usman: Jaga Marwah MK

Memasuki tahun politik, Hamdan Zoelva berharap MK bisa mengatasi segala masalah yang akan dihadapi nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva berharap Ketua Mahkamah Konstitusi yang baru, Anwar Usman, dan wakilnya, Aswanto, bisa menjaga marwah lembaganya. Menurut Hamdan, mereka berdua merupakan sosok yang bisa melengkapi satu sama lain.

"Dua-duanya baru, satu dari MA satu akademisi. Ini komposisi yang bagus memimpin MK, hal terpenting kita harapkan tetap menjaga marwah dan kewibawaan MK, independen, tidak memihak dan putusan-putusannya dihormati dengan baik," kata Hamdan di Kantor MK, Jakarta Pusat, Senin (2/4/2018).

Apalagi kata Hamdan, memasuki tahun politik dia berharap MK bisa mengatasi segala masalah yang akan dihadapi nanti. Dia juga berharap, di bawah pimpinan Anwar, MK dapat mengayomi.

"Mengharapkan pengayoman dari MK.karena ini posisi krusial dan MK sekali lagi harapan saya, dengan di bawah bimbingan dari Ketua MK, bisa mengatasi segala masalah yang mungkin nanti dibawa ke MK," Hamdan mengingatkan.

Dia menilai Anwar adalah sosok yang baik dan konsisten, serta tulus menjalankan tugas. Hal tersebut, kata Hamdan, yang jadi modal utama Anwar.

"Modal utama adalah integritas itu.Harapan kita dengan modal begitu bisa membawa MK lebih baik. Bagaimana pun juga dengan dukungan kuat dari delapan hakim MK akan memperkuat," kata Hamdan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anwar Usman Jadi Ketua MK

Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman terpilih menjadi Ketua MK yang baru. Hal ini merupakan hasil pemungutan suara yang dilakukan 9 hakim konstitusi.

Anwar Usman meraih 5 suara. Sedangkan pesaingnya, hakim Suhartoyo meraih 4 suara.

"Jadi kita sudah melihat. Berdasarkan hasil tersebut, yang mulia Anwar Usman terpilih menjadi Ketua MK masa periode 2018-2020," ucap Ketua Rapat Pleno Hakim Konstitusi, Anwar Usman, di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Menurut dia, dengan hasil tersebut, maka Ketua MK yang baru akan langsung dilantik di sore harinya.

"Maka selesai sudah rapat pleno. Untuk pelantikan Ketua MK hari ini, pukul 15.00 WIB," jelas Anwar.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.