Sukses

Reaksi Polri soal Mahfud MD Sebut Tito Layak Jadi Cawapres Jokowi

Menurut Iqbal, saat ini Kapolri Tito masih fokus pada tugasnya di kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai Kapolri Jenderal Tito Karnavian layak menjadi Cawapres mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Polri pun menanggapi pernyataan tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, pernyataan tersebut merupakan pendapat pribadi Mahfud MD. Tidak ada kaitannya dengan institusi Polri.

"Pendapat Pak Mahfud adalah pendapat pribadi beliau. Kami tidak tahu apa alasannya," ujar Iqbal saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Menurut Iqbal, saat ini Tito masih fokus pada tugasnya di kepolisian. Jenderal bintang satu itu pun meminta agar tidak ada pihak-pihak yang menyeret nama Kapolri ke ranah politik.

"Biarkan Pak Kapolri menjadi penjaga keamanan saja," ucap Iqbal.

Pernyataan Mahfud MD itu muncul saat ia disinggung soal hasil survei yang menyebut namanya layak menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Namun Mahfud mengaku tak begitu tertarik dengan hasil survei tersebut dan membiarkannya mengalir saja.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebut Tito Cocok Cawapres Jokowi

Guru besar hukum tata negara UII itu justru menyebut, sosok yang pantas menjadi Cawapres Jokowi adalah Tito Karnavian, karena dinilai masih muda, lurus, dan tegas.

"Kalau saya justru Pak Tito yang layak menjadi cawapres. Kalau nama saya disebut ya saya mengalir saja," ujar Mahfud di Yogyakarta pada Sabtu 31 Maret 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.