Hari Pertama UNBK di Subang Diwarnai Listrik Padam

Oleh Muhammad Ali pada 02 Apr 2018, 22:18 WIB
Diperbarui 02 Apr 2018, 22:18 WIB

Fokus, Subang - Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berbasis komputer di Subang, Jawa Barat diwarnai gangguan server hingga listrik padam. Akibatnya puluhan siswa gagal mengikuti ujian.

Pihak sekolah SMKNU Ghofarona di Kecamatan Pusakajaya mengaku telah mempersiapkan peralatan yang baik sebelum pelaksanaan ujian digelar.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (2/4/2018), usaha untuk melakukan perbaikan pun dilakukan agar 21 siswanya bisa kembali ikut ujian, yakni dengan mendatangkan operator kabupaten. Namun, bantuan tak datang.

Gangguan UNBK di hari pertama juga terjadi di SMK Negeri 6 Padang, Sumatera Barat. Aliran listrik tiba-tiba mati selama 45 menit saat ujian akan berakhir 30 menit lagi.

Para pelajar sempat cemas. Mereka khawatir komputer tidak menyimpan jawaban yang sudah diisi. Kondisi ini tak berlangsung lama, hingga para siswa tak perlu mengisi soal dari awal.

Di Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Senin pagi memantau sejumlah SMK di Jakarta untuk melihat kesiapan sekolah menjalani UNBK. Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar penggunaan komputer tidak terkendala masalah server dan listrik.