Sukses

Mendikbud: UNBK di DKI Sudah Sangat Bagus

Dia optimistis, UNBK di tingkat SMK tidak ada gangguan. Sebab sudah bekerja sama dengan instansi lain.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Jakarta berjalan baik.

"Kita lihat pelaksanaannya sudah sangat bagus untuk wilayah DKI. Tadi kita saksikan di kelas, kita bisa ngintip kondisi dan keadaan bagaimana mereka mengerjakan UNBK tahun ini," ucap Muhadjir di Jakarta, Senin (2/4/2018).

Dia optimistis, UNBK di tingkat SMK tidak ada gangguan. Sebab sudah bekerja sama dengan instansi lain.

"Sudah sejak tahun kemarin kita bekerja sama, baik dengan PLN maupun Telkomsel untuk membackup UNBK. Dan hari ini saya belum mendapat laporan masalah di seluruh Indonesia," jelas Muhadjir.

Dia menambahkan, dengan UNBK ini, standar pendidikan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Secara subtansif kita akan meningkatkan kualitas soal ujian secara bertahap, memasukan standar yang disebut kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking Skill) yang itu menjadi standar sampai 2025," ungkap Muhadjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prioritas Daerah Terpencil

Karena itu, daerah-daerah terpencil akan diberi prioritas pelaksanaan UNBK tahun depan. Salah satunya dengan memberikan bantuan yang diperlukan supaya bisa segera memenuhi ketentuan, standar dan bisa melaksanakan UNBK.

"Kita mulai fokus pada wilayah pinggiran. Kalau Jawa kita anggap sudah selesai kecuali untuk beberapa provinsi. Kita akan fokus pada wilayah pinggiran yang selama ini masih belum siap UNBK," pungkas Muhadjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.