Sukses

Mendikbud Pantau Pelaksanaan UN di SMKN 29 Penerbangan

Mendikbud Muhadjir Effendy berpesan agar siswa jangan curang dalam melaksanakan Ujian Nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di dua Sekolah Menenngah Kejuruan Negeri (SMKN) Jakarta, Senin pagi ini.

Muhadjir pertama mendatangi SMKN 29 Penerbangan Jakarta. Dia tiba pukul 07.40 WIB dan langsung memantau suasana pelaksanaan UNBK.

Siswa yang sudah masuk sejak pukul 07.00 WIB, terlihat sudah berjibaku mengerjakan soal Ujian Nasional dengan komputer sebagai perangkatnya.

Tidak hanya memantau dari luar, Muhadjir juga sempat ingin masuk ke dalam ruangan tempat UN berlangsung. Sang Kepala Sekolah memberikan izin. Namun, niat itu langsung dibatalkan Muhadjir.

"Enggak boleh dibuka ini. Kan peraturannya memang enggak boleh. Menteri sendiri juga enggak boleh," ucap Muhadjir di lokasi, Senin (2/4/2018).

Memang di pintu ruang UNBK, terdapat peringatan yang bertuliskan "Dilarang masuk selain peserta ujian dan pengawas serta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi".

Usai meninjau SMKN 29 Penerbangan Jakarta, Muhadjir berencana meninjau pelaksanaan UN di SMKN 6 Jakarta, yang letaknya tak jauh dari SMKN 29 Penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Curang

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbd) Muhadjir Effendy, berpesan agar siswa jangan curang dalam melaksanakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Siswa Berstandar Nasional 2018 yang mulai digelar hari ini.

"Kami berpesan untuk seluruh siswa yang mengikuti UN untuk mengobarkan semangat belajar, konsentrasi, jangan lupa berdoa dan menjunjung tinggi kejujuran serta menjauhi kecurangan," pesan Effendy, di Jakarta, Minggu 1 April 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.