Sukses

Hadiri Paskah di Monas, Anies Baswedan Bicara soal Persatuan

Anies barjanji, melalui Pergub Nomor 186 Tahun 2017, akan mempermudah perizinan kegiatan keagamaan di Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Paskah di Lapangan Monas Jakarta, Minggu (1/4/2018). Kepada para jemaat yang hadir, Anies bicara tentang persatuan Indonesia yang harus ditegakkan sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Indonesia adalah negara yang unik karena di sini ada persatuan, di Jakarta ada persatuan dan itu harus dirawat melalui interaksi, komunikasi. Harapannya kita bisa berkarya yang baik untuk Jakarta," kata Anies Baswedan di Lapangan Monas Jakarta, Minggu (1/4/2018).

Mantan Mendikbud itu berjanji melalui Pergub Nomor 186 Tahun 2017, akan mempermudah perizinan kegiatan keagamaan di Monas.

Dia menegaskan, jajaran Pemprov DKI di bawah kepemimpinannya akan berkomitmen melayani semua warganya, tanpa pandang bulu.

"Kita ingin mengirimkan pesan kepada semua bahwa Pemprov DKI Jakarta adalah Pemprov yang akan memfasilitasi semua agama, semua pemeluk agama termasuk dalam peringatan-peringatan hari besarnya," ucap Anies Baswedan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polemik Paskah di Monas

Sebelumnya, Perayaan Hari Paskah yang digelar Gereja GBI Glow Fellowship Center di Lapangan Monas Jakarta Pusat hari ini menuai polemik. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyatakan tidak terlibat dalam perayaan Hari Paskah di Monas.

Kepala Humas PGI, Jeirry Sumampow menilai Lapangan Monas sebagai ruang publik yang terbuka untuk semua sebaiknya dihindari dari penggunaan yang dapat memicu sentimen-sentimen agama, suku dan ras.

Senada dengan PGI, pengurus Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Eko Aldianto menyatakan tak pernah setuju jika perayaan hari besar keagamaan dilakukan di Monas.

Menurut Romo Eko, Hari Paskah harusnya menjadi pengalaman iman yang dirayakan di gereja atau tempat ibadah masing-masing.

Pemerintah dapat mendukung perayaan Paskah dengan memberi jaminan keamanan kepada jemaat Protestan dan Katolik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Hari Paskah merupakan peristiwa penting di dalam liturgi gereja umat Kristen dan Katolik.
    Hari Paskah merupakan peristiwa penting di dalam liturgi gereja umat Kristen dan Katolik.

    hari paskah