Sukses

Keuskupan Agung Jakarta: Umat Katolik Paskah di Gereja, Bukan Monas

Gereja Bethel Indonesia Jemaat Glow Fellowship Center (GBI Glow) menggelar perayaan Hari Paskah di Monas, Minggu (1/4/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Bethel Indonesia Jemaat Glow Fellowship Center (GBI Glow) menggelar perayaan Hari Paskah di Monas, Minggu (1/4/2018). Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pun mengimbau agar umat Katolik merayakan paskah di gereja saja, tidak ikut ke Monas.

Ketua Komisi Hubungan Antara Agama dan Kemasyarakatan Keuskupan Agung Jakarta Romo Antonius Suyadi mengatakan, perayaan di Monas adalah Paskah yang digelar GBI Glow.

"Umat Katolik KAJ merayakan Paskah di Gereja masing-masing Paroki setempat," ujar Romo Antonius dalam suratnya.

Pengurus Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Romo Eko Aldianto juga menyatakan tak pernah setuju jika perayaan hari besar keagamaan dilakukan di Monas.

Menurut Romo Eko, Hari Paskah harusnya menjadi pengalaman iman yang dirayakan di gereja atau tempat ibadah masing-masing. Pemerintah dapat mendukung perayaan Paskah dengan memberi jaminan keamanan kepada jemaat Protestan dan Katolik.

"Monas adalah ranah publik yang hendaknya dibebaskan dari 'kepentingan' tertentu. Biarkanlah umat di masing-masing wilayah merayakan bersama di komunitas, dan gereja masing-masing," ujar Eko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PGI Tak Terlibat

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyatakan tidak terlibat dalam perayaan Hari Paskah di Monas.

Kepala Humas PGI, Jeirry Sumampow menilai Lapangan Monas sebagai ruang publik yang terbuka untuk semua sebaiknya dihindari dari penggunaan yang dapat memicu sentimen-sentimen agama, suku dan ras.

"Sebagai pekarangan depan Istana Negara, sangatlah tidak elok melakukan pengerahan massa di tempat tersebut untuk kepentingan kelompok agama, suku dan ras tertentu," kata Jerry dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (1/4/2018).

PGI, menurut dia, telah beberapa kali menyampaikan hal ini kepada pihak GBI Glow seraya memohon untuk memikirkan kemungkinan mencari lokasi lain untuk Perayaan Paskah tersebut yang lebih dapat diterima oleh semua pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini