Sukses

MUI Minta Kemenag Bentuk Tim Pemantau Biro Umrah

Majelis Ulama Indonesi (MUI) ikut bersuara terkait banyaknya kasus penipuan jemaah oleh biro umrah.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesi (MUI) ikut bersuara terkait banyaknya kasus penipuan jemaah oleh biro umrah. Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid menyatakan, biro umrah nakal bisa beraksi karena lemahnya sistem pengawasan.

"Korban penipuan calon jemaah umrah terus terjadi dimana-mana, hal ini menunjukkan lemahnya pengawasan dan upaya preventif dari pihak regulator sehingga terjadi berulang kali," tulis Zainut, Sabtu (31/3/2018).

MUI berharap, Kementerian Agama bisa membuat tim internal memantau kinerja biro umrah. Hal ini guna mengantisipasi potensi kecurangan dini.

"Kemenag harus segera membentuk tim audit kinerja dan keuangan terhadap biro perjalanan umrah berpotensi praktik penipuan. Sehingga ada langkah-langkah preventif menghindari jatuhnya korban penipuan berikutnya," jelas dia.

Selain itu, MUI juga menyarankan agar ada penyempurnaan payung hukum kepada penyelenggaraan jasa umrah. Karena hingga saat ini, ibadah umrah belum memiliki badan khusus seperti laiknya penyelenggaraan ibadah haji yaitu KPHI (Komisi Pengawas Haji Indonesia)

"Untuk ibadah umrah belum ada. Padahal peminat ibadah umrah banyak, harus ada regulasi yang mengatur, untuk itu perlu dilakukan perubahan atau amandemen terhadap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji agar sesuai dengan kebutuhan yang ada," dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.