Sukses

Polri Prediksi Puncak Mudik Libur Panjang Terjadi Malam Ini

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa meninjau arus mudik libur panjang Paskah di wilayah Pantura. Dia memprediksi puncak kepadatan lalu lintas keluar Jakarta meningkat mulai malam ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa meninjau arus mudik libur panjang Paskah di wilayah Pantura. Dia memprediksi puncak kepadatan lalu lintas keluar Jakarta meningkat mulai malam ini.

"Prediksi (peningkatan kepadatan lalu lintas) sampai 40 persen mulai malam nanti. Sekarang sudah meningkat 21 persen," ujar Royke di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Kamis (29/3/2018).

Royke menuturkan, jumlah kendaraan dari Jakarta arah Jawa yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama melonjak 20 persen sejak pukul 14.00 WIB jelang libur Paskah. Lonjakan juga terpantau pada jalur sebaliknya.

"Normalnya kan 23.000 (kendaraan keluar dari Jakarta) dia menjadi 28.000. Yang masuk Jakarta juga ada peningkatan walaupun kecil hanya 5,1 persen," kata Royke.

Jenderal bintang dua itu mengungkapkan, kemacetan parah di Tol Jakarta-Cikampek diperkirakan terjadi di KM 10. Sebab, terjadi penyempitan jalan, pertemuan arus, dan juga dampak proyek infrastruktur di kawasan tersebut.

"Mudah-mudahan tak ada truk yang mogok, atau ada kecelakaan, itu akan membuat situasi macet," ucap Royke soal lalin di libur Paskah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Personel

Polri dan TNI menyiapkan 6.000 personel keamanan selama libur panjang wafatnya Isa Almasih atau Hari Raya Paskah pada Jumat, 30 Maret 2018 sampai Minggu, 1 April 2018. Pengamanan akan difokuskan di tempat ibadah, sarana rekreasi, dan jalur mudik.

"Jadi sekitar 6.000 personel gabungan TNI, Polri, kita turunkan untuk pengamanan perayaan Paskah ya, yang sasarannya adalah pertama tempat ibadah, dan kedua tempat rekreasi, yang ketiga tempat mudik, dan keempat jalan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (29/3/2018).

Argo menjelaskan, penjagaan difokuskan di tempat rekreasi seperti Kebun Binatang Ragunan dan Ancol karena dinilai akan ramai pengunjung. Begitu pula Bandara Soekarno-Hatta dan Stasiun Gambir yang akan dipenuhi pemudik.

Selain itu, personel disiagakan di jalanan karena diprediksi akan terjadi arus kemacetan selama libur Paskah yang juga bertepatan dengan akhir pekan.

"Kemudian yang terakhir berkaitan dengan jalur karena libur panjang nanti dikhawatirkan ada macet panjang anggota, semua kita atur jangan sampai ada kemacetan di jalan tol," Argo menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.